Teori- teori motivasi
Menurut Robert kreitner dan angelo kinicki (2003:202) membahas bahwa motivasi dapat diperoleh melalui
1. Needs (kebutuhan)
Kebutuhan
menunjukkan adnya kekurangan fisologis dan psikologis yang menimbulkan
perilaku. Teori motivasi menurut hirearki kebutuhan dikemukakan abraha
maslow yang menatakan bahwa kebutuhsn manusian berjenjang dari
physiological, safety, social, esteem dan self- actualization.
2. Job design (desain pekerjaan)
Adalah
mengubah konten dan / atau proses pekerjaan spesifik untuk meningkatkan
kepuasan kerja dan kinerja. Metode yang digunakan untuk mendesain kerja
adalah scientific management (manajemen saintifik), job enlargement
(perluasan kerja), job rotation (rotasi kerja) dan job enrichment
(pengkayaan kerja).
3. Satisfaction (kepuasan )
Motivasi
kerja individual berhubungan dengan keputusan kerja. Kepuasan kerja
adlah respon bersifat mempengaruhi terhadap berbagai segi pekerjaan
seseorang. Definisi ini mengandung pengertian bahwa kepuasan kerja
bukanlah konsep kesatuan.
4. Equity (keadilan)
Equity
theory adalah model motivasi yang menjelaskan bagaimana orang mengejar
kejujuran dan keadilan dalam pertukaran social, atau hubungan memberi
dan menerima.
5. Espectation (harapan)
Expectary
theory berpandangan bahwa orang Berperilaku termotivasi dengan cara
yang menghasilkan manfaat yang dihargai. Dalam teori ini, persepsi
memegang peran sentral karena menekankan kemampuan kognitif untuk
mengantisipasi kemungkinan konsekuensi perilaku.
6. Goal setting (penetapan tujuan )
Adalah
apa yang diusahakan untuk dicapai individu, merupakan objek atau tujuan
dari suatu tindakan. Dampak motivasional dari tujuan kinerja dan reward
plan telah dikenal sejak lama. Antara lain dikemukakan Frederick taylor
yang secara ilmiah menciptakan beberapa banyak pekerjaan dengan
kualitas tertentu seseorang individu harus di tugaskan setiap hari. Ia
mengusulkan bahwa bonus di dasarkan pada penyelesaian standar output.
Kemudian goal setting berkembang menjadi mangementa by objectives, suatu
system manajemen yang menghubungkan partisipasi dalam pengambilan
keputusan, penetapan tujuan, dan upan balik.
Referensi
Buku : Manajemen Kerja Edisi Ketiga
Penerbit : PT Raja Grafindo Pesada
Penulis : Prof.Dr. Wibowo, S.E., M.Phil
Penulis blog : Ari Ramadhani (mahasiswa Uin Suska Riau)
No comments:
Post a Comment