Terbaru

LightBlog

Saturday, November 18, 2017

Hakikat Karya Ilmiah | Pengertian dan ciri ciri karya ilmiah

Pada dasarnya, apabila kita membahas hakikat sesuatu, kita akan membahas apa, mengapa, dan bagaimana sesuatu itu, apa, mengapa, dan bagaimana sering dituangkan atau ditafsirkan menjadi pengertian (batasan), tujuan, serta fungsi/manfaat. cara ini akan kita gunakan untuk membahas hakikat karya ilmiah. dengan menguasai komponen tersebut, disamping dapat menjelaskan secara umum hakikat karya ilmiah, anda diharapkan dapat menguasai kemampuan berikut.
1. menjelaskan berbagai penertian karya ilmiah
2. menjelaskan tujuan penulisan karya ilmiah
3. menjelaskan fungsi/manfaat karya ilmiah
4. Membedakan Karya Ilmiah dan Karya populer

A. Pengertian Dan ciri-ciri Karya Ilmiah

1. Pengertian
    Untuk membahas perngertian karya ilmiah, cobalah terlebih dahulu anda cermati kutipan berikut ini.
Kutipan 1

     Pemerintah tampaknya sudah memperkirakan, kalau kebijakan likuidasi perbankan nasional yang diumumkan sabtu (13/3) lalu akan mengandung protes. mulai dari tudingan tidak objektif, tidak adil hingga ancaman gugatan dari para pemilik bank yang di tutup.
             oleh karena itu, direktur Bank indonesia (BI), subarjo joyosumarto, yang kerap menjadi juru bicara pemerintah dalam soal likuidasi, tampak sertai menghadapi semua tuduhan itu."kalau mereka (pemilik bank - red) mau menuntut, silakan saja, itu hak mereka " Kata subarjo, yang ditemui seusai membuka pelatihan Bank syariah, di jakarta kemarin.

(Republika, 16 Maret 1999, hal.1)

Kutipan 2

     peningkatan kompetensi profesional di indonesia merupakan hal yang penting dalam rangka pembinaan tenaga kerja indonesia yang andal dan siap bersaing di era globalisasi. berbagai usaha pemerintah, seperti pemanfaatan BLK yang tersedia, pembentukan inkubator, pemilihan pelaksana pelatihan yang tepat, dan perbaikan kurikulum yang sangat sederhana, akan tetapi tepat guna, akan dapat membantu banyak dalam meningkatkan kompetensi profesi tenaga kerja indonesia. masalah keuangan untuk pelatihan kelompok maupun individu yang sering merupakan penghambat, juga perlu dicarikan jalan ke luarnya.
(dari : Miranda S.Goeltom kompetensi profesional dalam era Globalisasi : Tanyangan dan Kita Indonesia.)

(Jurnal studi indonesia. 7, 1, 1997,hal.16)

Kutipan 3

         Sekitar 200 guru sekolah dasar (SD), sekolah menengah dan sekolah kejuruan meningalkan kabupaten likuisa. pengungsian yang berlangsung sejak senin (5/4) lalu itu dilakukan, menyusul kerusuhan antara kelompok prokemerdekaan dengan prointegrasi yang bertikai di wilayah tersebut, mereka lari ke berbagai daerah, seperti DIli, NTT,Jawa, dan Sulawesi. Akibat kerusuhan dan pengungsian itu, pelaksana Evaluasi Belajar Tahap Akhir (EBTA) dan Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional (EBTANAS) terancam batal.

(Kompas, Sabu, 10 April, 1999. hal.9)

Dari Ketiga kutipan diatas, yang mana menurut anda yang tergolong karya ilmiah? apakah anda menjawab kutipan 2? jika ya, berarti secara sekilah anda sudah dapat menandai karya ilmiah dari sejumlah karya yang tampaknya sejenis. mari kita kaji kutipan tersebut satu per satu.

      Kutipan 1 yang diambil dari harian Republika merupakan berita tentang likuidasi bank. berita tersebut ditulis oleh wartawan dengan mengemukakan apa yang di dengar, dilihat, dan mungkin juga difikirkan. ia tidak mengupas atau menelaah peristiwa tersebut secara mendalam, tetapi hanya melaporkan apa adanya. senada dengan kutipan 1 adalah kutipan 3, yang juga berasal dari sebuah harian, yaitu Kompas. Artikel ini juga menceritakan apa yang terjadi tanpa melakulan analisi terhadap peristiwa yang diceritakan tersebut. sebenarnya, sengan melihat sumber kutipan tersebut, anda sudah dapat menerka bahwa kutipan itu bukan karya ilmiah. Namun, Untuk meyakinkan, anda perlu membacanya karena artikel ilmiah juga banyak dimuat dalam surat kabar.

     Kutipan 2 adalah kutipan dari karangan ilmiah, cobalah kini anda rumuskan pengertian karangan ilmiah, jika anda masih ragu-ragu, cobalah baca satu artikel ilmiah dari satu majalah atau baca satu makalh yang disajikan dalam sebuah seminar. baca secara keseluruhan sehingga anda dapat merumuskan apa yang dimaksud dengan karya ilmiah. dadri hasil pengamatan tersebut, anda akan dapat menyimak bahwa karya ilmiah adalah satu karangan yang disusun secara sistematis dan berdifat ilmiah. sistematis berarti bahwa karangan atau karya tulis tersebut disusun menurut aturan tertentu sehingga kaitan antara bagian-bagian tersebut sangat jelas dan padu. bersifat ilmiah berarti bahwa karya tertulis tersebut menyajikan suatu deskripsi, gagasan argumentasi atau pemecahan nasalah yang didasarkan pada berbagai bukti empirik dan kajian teoritis sehingga para pembacanya dapat menurut atau mencari kebenaran bukti empirik atau teori yang mendukung gagasan tersebut.


    Pengertian siatas sejaolan dengan pengertian yang diberikan oleh Brotowijoyo, yang dikutip oleh zainal sebagai berikut. "karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengeyahuan yang menyajikan fakta dan di tulis menurut metodelogi penulisan yang baik dan benar" 

2. Ciri-ciri karya ilmiah
    Dengan menyimak pengertian di atas, anda tentu dapat menemukan ciri-ciri karya ilmiah. sebuah karya ilmiah dapat dikenal dari ciri-ciri berikut.
a. Dari segi isi, karya ilmiah menyajikan pengetahuan yang dapat berupa gagasan, dekripsi tentang sesuatu atau pemecahan satu masalah.
b. Pengetahuan yang disajikan tersebut didasarkan pada fakta atau data (kajian empirik) atau pada teori-teori yang telah diakui kebenarannya
c. Sebuah karya ilmiah mengandung kebenaran yang objektif serta kejujuran dalam penulisan.
d. Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku dan banyak mengguanakan istilah teknis, disamping istilah-istilah yang bersifat denotatif.
e. Sistematika penulisan mengikuti cara tertentu.

    dengan menyimak ciri-ciri diatas, anda tentu dapat mengenal dengan cepat karya tulis yang dapt digolong sebagai karya ilmiah.

No comments:

Post a Comment

Adbox